E-commerce adalah bentuk transaksi perdagangan barang atau jasa dengan
menggunakan media elektronik. Media elektronik yang disebutkan berupa
jaringan internet, dengan jaringan internet tersebut membuat seseorang
dapat menjalankan sebuah proses perdagangan jarak jauh. E-commerce
pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama
kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di
suatu halaman-web (website).
Secara umum e-commerce bisa diklasifasikan menjadi dua jenis yaitu :
- Business to Business (B2B) adalah sistem komunikasi bisnis on-line antar pelaku bisnis saja, sedangkan
- Business to Consumer (B2C) merupakan mekanisme toko on-line yaitu transaksi antara pelaku bisnis dengan cutomer online
Manfaat dari E-Commerce:
- Bagi sektor organisasi
- Memperluas market place hingga kepasar nasional dan internasional.
- Perusahaaan dapat dengan mudah menemukan lebih banyak pelanggan, supplier yang lebih baik dan partner bisnis yang paling cocok dari seluruh dunia.
- E-commerce menurunkan biaya pembuatan, pemrosesan, pendistribusian, penyimpanan, dan pencarian informasi yang menggunakan kertas.
- Bagi konsumen
- E-commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
- E-commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan, mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
- E-commerce menyediakan produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
- Pelanggan bisa menerima informasi yang relevan secara detil dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Dan hanya makhluk halus yang berkunjung tanpa meninggalkan jejak :)